Disnaker Ingatkan Perusahaan Terapkan UMK Berlaku per 1 Januari 2026

Administrator - Senin, 05 Januari 2026 17:00 WIB
Muhammad Zakir Kadis Naker Dumai
viralnasional.com - Dumai -- Dinas Tenaga Kerja Kota (Disnaker) Dumai mengingatkan perusahaan untuk menerapkan pembayaran gaji karyawan sesuai Upah Minimum Kota (UMK) yang telah disepakati dan disahkan Gubernur Riau per 1 Januari 2026.

Penegasan ini disampaikan Kepala Disnaker Kota Dumai Muhammad Zakir, Senin (5/01/2026) ketika dihubungi media.

"Kita sudah menyampaikan surat secara tertulis kepada seluruh perusahaan di Dumai terkait besaran UMK serta waktu realisasinmya agar gaji dibayarkan sesuai besaran upah tahun 2026 sebesar Rp4.431.174,69,"tegas Zakir.

Pembayaran upah sesuai UMK merupakan kewajiban bagi seluruh perusahaan, dan apabila ada yang tak mengindahkannya, ia meminta pada karyawan melaporkan ke Disnaker agar bisa segera diproses.

Untuk kedepan, Pemerintah Kota Dumai selain akan menerapkan UMK juga membahas Upah Minimum Sektoral Migas (UMSM) dan Upah Minimum Sektoral Pertanian/Perkebunan (UMSP) tahun 2027.

Karena Kota Dumai selain pabrik atau industri juga terdapat sektor migas dan perkebunan.

Ia pun menegaskan, jika perusahaan tidak yang tidak mematuhi kesempatan penerapan upah minimum di Riau, maka siap-siap akan diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku.

"Sanksi pasti ada, kalau tidak patuh tentu ada sanksinya sesuatu aturan yang berlaku," tegasnya.

"Kami berharap ini menjadi keputusan yang adil. Pekerja terlindungi, dunia usaha tetap berjalan, dan iklim ekonomi tetap kondusif," katanya.

Zakir mengatakan kebijakan pengupahan 2026 disusun dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2025 tentang Pengupahan. Regulasi ini menjadi dasar dalam menjaga keseimbangan antara perlindungan upah pekerja dan keberlangsungan dunia usaha

Berikut daftar lengkap UMK Riau 2026

Kota Dumai: Rp 4.431.174,69Kabupaten Bengkalis: Rp 4.155.317,75Kabupaten Siak: Rp 4.001.327,33Kota Pekanbaru: Rp 3.998.179,46Kabupaten Indragiri Hulu: Rp 3.988.406,31Kabupaten Kuantan Singingi: Rp 3.949.466,98Kabupaten Kampar: Rp 3.898.260,70Kabupaten Pelalawan: Rp 3.894.260,58Kabupaten Rokan Hulu: Rp 3.819.353,01Kabupaten Rokan Hilir: Rp 3.783.052,90Kabupaten Kepulauan Meranti: Rp 3.780.495,85Kabupaten Indragiri Hilir: Rp 3.780.495,85

"Dengan penetapan upah minimum 2026 ini, kami berharap tercipta hubungan industrial yang harmonis dan berkeadilan, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang berkelanjutan," kata Zakir lagi.***(ant)


Tag:

Berita Terkait

Berita

Pekanbaru, Kampar dan Dumai Kasus ISPA Tertinggi Dampak Kabut Asap

Berita

Antisipasi Ispa,Rutan Dumai Bagikan Masker pada Pengunjung Warga Binaan

Berita

Hasilkan Listrik 1,6 Persen dari PLTS, PPN Dumai Hemat Konsumsi Bahan Bakar

Berita

Sigit Waseso Resmi Dilantik jadi Kejari Dumai

Berita

Rutan Dumai Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2026

Berita

Bapenda Dumai dan Kantor Pertanahan Teken Perjanjian, PBB-P2 dan BPHTB untuk Dongkrak PAD